Manfaat Sayuran Bagi Kesehatan Tubuh

Para ahli kesehatan mewajibkan kita mengonsumsi sayuran minimal 200 gram setiap hari. Ini akan memberi manfaat maksimal bagi tubuh. Banyak fakta yang menyebutkan, masuknya beberapa macam penyakit --seperti kanker usus besar, aterosklerosis, gangguan jantung, diabetes mellitus, dan batu empedu-- bisa dicegah dengan mengonsumsi sayur-sayuran.

Manfaat Sayuran Bagi Kesehatan Tubuh

cara memasak sayur kecipir
Selain serat, di dalam sayuran banyak terkandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Jenis vitamin yang dikandung sayuran adalah C, B kompleks, A, D, dan E. Sementara jenis antioksidan meliputi karotenoid, vitamin C dan E. Adapun mineral terdiri atas zat besi, seng, mangan, kalsium, dan fosfor.

Karotenoid berfungsi untuk melawan serangan radikal bebas penyebab penuaan dini. Selain itu, bisa melindungi pembuluh darah dari tumpukan lemak.

kandungan sayur sayuran
Bila lemak menumpuk, dinding pembuluh bisa menjadi tebal. Akibatnya, laju darah akan terhambat. Organ-oragan penting sepertin jantung dan otak akan terkena gangguan. Muncullah penyakit stroke dan serangan jantung.

Jika kita tidak terbiasa mengonsumsi sayuran, cobalah menikmatinya secara perlahan-lahan. Sebagai langkah awal, cicipilah sayuran dalam bentuk lalapan segar atau rebusan dicampur sambal. Sajikan sebagai pelengkap hidangan.

Bisa juga dengan menikamati salad yang dicampur sayuran hijau. Sekarang salad mudah di dapat. Beberapa swalayan di kota-kota besar pasti menyediakan salad sayuran segar siap santap ditambah beberapa jenis daun selada yang sudah dicabik-cabik dan dikemas dalam plastik kedap udara.

Hasil Penelitian

macam macam buah
Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi sayuran hijau baik bagi tubuh. Risiko terkena kanker bisa dikurangi dengan makan sayuran. Bayam, brokoli, kangkung, dan selada, sangat kaya akan zat antioksidan, beta-karotin, falate, dan lutein. Semakin hijau warna sayuran, semakin tinggi kandungan antioksidannya.

macam sayuran dan manfaatnya
Sayuran dari famili Crucffereae, seperti bunga kol, kobis, lobak, terbukti bisa menurunkan kemungkinan terjangkit kanker payudara, perut, dan usus besar. Apalagi bisa dimakan mentah-mentah (lalapan).

manfaat buah dan sayur
Penelitian lain juga membuktikan bahwa menyantap brokoli setiap hari bisa menurunkan risiko terkena kanker usus hampir 50 persen. Sebaliknya, mengonsumsi sumber kalori dan daging merah terlalu banyak bisa memicu munculnya kanker usus. Bagi orang yang gemar menyantap jenis makanan ini sangat dianjurkan untuk berolahraga secara teratur.

manfaat buah dan sayur bagi kesehatan
Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan salad sayuran hijau banyak mengandung vitamin A dan volid acid, sumber utama serat. Zat ini bermanfaat untuk mencegah sembelit, mengntrol berat badan (dengan mengonsumsi sayuran mudah kenyang), mencegah penyakit kencing manis, kanker, dan jantung.

Penelitian yang pernah dipublikasikan oleh Journal of the American Heart Association itu mengatakan bahwa lima persen dari 2000 warga Jepang yang terbiasa mengonsumsi sayuran selama enam hari dalam seminggu memiliki risiko terserang stroke 58 persen lebih rendah dibanding mereka yang mengonsumsi sayuran satu sampai dua kali seminggu.

Kebiasaan Makan Orang Asia

manfaat jus buah dan sayur
Bangsa Asia golongan menengah biasanya banyak mengonsumsi daging yang digoreng dan banyak mengandung lemak, ditambah makanan yang mengandung garam dan gula tinggi. Dua jenis makanan ini biasanya di dapat dari restoran atau warung pinggir jalan.

Bahkan, setiap kali ada jamuan makan, menunya selalu mewah, tapi tidak sehat. Kandungan lemak, gula dan garam sangat tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan ada kaitan antara menu makanan di Amerika Serikat dan Asia dengan penyakit yang ditimbulkannya. Bangsa Asia lebih suka ikut-ikutan bangsa Barat. Padahal, sekitar setengah abad lalu, para dokter jarang menjumpai penyakit serangan jantung dikawasan Asia. Selama sepuluh tahun terakhir, penyakit jantung dan stroke “menjamur” di Asia.

Di Thailand, misalnya, dua jenis penyakit ini merupakan penyebab kematian nomor satu, mengalahkan dominasi kematian akibat kecelakaan lalu lintas, penyakit kanker dan tidak kejahatan.

manfaat jus sayur

Beberapa jenis makanan Barat yang mudah dijumpai dan sangat familiar di Asia seperti hamburger, bistik, pizza, ayam goreng tepung, hot dog, sup kalengan, es krim, donat, tart, kue-kue, roti putih, keju, telur, susu kental, minuman ringan, dan kembang gula. Semua jenis makanan ini mengandung lemak, gula, dan sodium (garam) dalam kadar tinggi.

manfaat sayuran bagi kesehatan

Akibatnya, insiden penyakit khas Barat meningkat di Asia. Misalnya, tekanan darah tinggi, jantung koroner, dan pecah atau tersumbatnya pembuluh otak (stroke).

Jadi, berlakulah bijak! Kita dapat menghindari penyakit-penyakit ala Barat dengan membuang kebiasaan mengonsumsi makanan mereka.

Di sisi lain, Anda tak haru jadi vegetarian untuk mendapatkan semua manfaat sayuran. Cukuplah jika Anda mengonsumsi sayuran dan buah tiap hari dalam porsi yang tepat.

Bagaimana dengan makanan suplemen yang sekarang banyak diiklankan media massa? Dapatkah mengganti secara total fungsi sayuran? Belum ada data yang akurat mengenai itu. Namun, yang alami selalu lebih baik dibanding yang buatan.

manfaat jus sayur dan buah

Previous
« Prev Post
Add CommentHide

Back Top