Manfaat Dan Kandungan Gizi Susu Untuk Kesehatan Tubuh

Makanan pertama kali yang dikenal manusia adalah susu. Sebab, setelah lahir, manusia harus mengonsumsi air susu ibu (ASI). Hebatnya, hanya dengan air putih ini, perkembangan manusia dengan segala organ-organnya selama dua tahun pertama, bisa berjalan maksimal. Kandungan apa sebetulnya yang dipunya “si putih ajaib” ini?

manfaat minum susu frisian flag,zat yang terkandung dalam susu,manfaat minum susu beruang,kandungan gizi susu diantaranya,manfaat minum susu di pagi hari,kandungan gizi dan manfaat daging,manfaat susu untuk wajah,kandungan gizi susu sapi murni

Manfaat Dan Kandungan Gizi Susu Untuk Kesehatan Tubuh

Susu terdiri atas berbagai jenis. Ada ASI, susu sapi, ada juga susu instan. Umumnya, semua jenis susu mengandung lima gizi utama, yaitu protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Bahkan para dokter merekomendasikan susu sebagai penyempurna makanan (4 sehat 5 sempurna).

Selain itu, kandungan gizi dan asam amino susu sangat lengkap. Sehingga sangat baik untuk minuman pembangun tubuh, baik untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan lansia.

Susu juga sumber kalsium, fosfor, dan protein. Mutu proteinnya sama dengan daging dan telur. Lebih dari itu, protein susu sangat kaya akan lisin, yaitu asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh namun sangat dibutuhkan.

Protein susu bermanfaat untuk membantu pertumbuhan, mempertahankan keberadaan substansi tubuh seperti enzim, hormone, atau jaringan-jaringan seperti organ dan otot, serta membantu proses metabolisme.

Jika Anda mengonsumsi tiga sendok makan penuh susu full cream ditambah segelas air (200 cc) dua kali sehari, berarti Anda mendapat kontribusi protein sebanyak 25 sampai 40 persen.

Ada pula beberapa zat lain dengan kandungan yang lebih kecil, yaitu niacin sekitar 0.2 persen dan zat besi 0.1 persen.

Susu juga mengandung vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan B. vitamin B susu masuk dalam kelompok B kompleks, berguna untuk menguatkan system kekebalan tubuh dan membantu penyediaan energi tubuh. Dalam 100 gram susu terdapat sekitar 0.15 mg vitamin B. Dan dari segelas susu (250 ml) dengan kadar lemak 1.5 persen, bisa memperoleh kalsium sebanyak 295 mg.

Berbagai Manfaat Susu

Banyak fakta membuktikan, kandungan zat dalam susu itu menyehatkan. Kalsium, misalnya, bisa mencegah terjadinya osteoporosis atau keropos tulang. Sebab, penyakit ini biasanya muncul akibat tubuh kekurangan kalsium.

Sebuah penelitian selama 25 tahun yang dilakukan Bristol University membuktikan bahwa susu dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker, dan stroke. Penelitian yang melibatkan 5.700 pria berusia 35 dan 64 tahun di Skotlandia ini menunjukkan bahwa mereka yang minum susu satu liter perhari kemungkinan berkembangnya penyakit jantung 8 persen lebih kecil dibanding mereka yang minum kurang dari satu liter.

Kanker pada usus juga dapat diantisipasi dengan minum susu. Sebuah penelitian juga berhasil membuktikan hal ini. Bahwa, orang yang mengonsumsi suplemen kalsium kecil kemungkinan terkena adenomas (keadaan awal dari kanker usus). Sebaliknya, orang yang tidak mengikutsertakan susu dalam pola makan sehari-hari dapat meningkatkan kadar racun (toxin) dalam feses.

Manfaat lain dari susu adalah mengurangi risiko terkena darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi susu rendah lemak, buah-buahan, dan sayuran, lebih efektif mengurangi tekanan darah tinggi dibanding teknik pengobatan langsung.

Susu dapat dikonsumsi dalam kondisi segar atau setelah diasamkan. Namun perlu diingat, susu yang sudah dibuka dan ditaruh dalam sebuah wadah cuma bisa bertahan paling lama 2 jam, lebih dari itu sudah tak layak konsumsi.

Untuk susu segar, yakni susu yang hanya mengalami proses pasteurisasi (pemanasan) sampai suhu 85 derajat celcius selam 30 detik, setelah dibuka sebaiknya segera dihabiskan. Kalau mau disimpan hendaknya dalam suhu dingin (4 derajat celcius). Pendinginan ini dimaksudkan untuk menghambat tumbuhnya bakteri pembusuk.

Susu segar bila disimpan dalam keadaan dingin bisa awet hingga 2 hari. Sementara itu, bila susu segar belum dibuka atau tidak mengalami kebocoran wadah, bisa disimpan dalam keadaan dingin paling lama 6 bulan.

Para ahli gizi menyarankan agar minum susu dalam jumlah yang tepat. Anak-anak dan orang dewasa sebaiknya dua atau tiga porsi setiap hari. Anak laki-laki berumur 11-18 tahun sebaiknya tiga sampai empat porsi. Satu porsi setara dengan 200 ml gelas susu.

minum susu pagi hari bikin gemuk,pengertian susu sapi,manfaat minum susu kental manis,susu mengandung vitamin,bahaya susu sapi,khasiat minum susu indomilk,kandungan gizi susu kambing,manfaat minum susu coklat

Previous
« Prev Post
Add CommentHide

Back Top