Kemerdekaan Indonesia Babak Baru Perjuangan Bangsa

8/24/2017

Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia, 72 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945, adalah babak baru perjuangan dan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah, kehidupan yang penuh dengan ketidakadilan, kelemahan menuju kehidupan yang terang, berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kemerdekaan Babak Baru Perjuangan Bangsa

Dengan tegas artikel pancasilapara pejuang kemerdekaan mengatakan, cita negara dalam Undang-undang Dasar 45 “Negara yang melindungi bangsa yang pertama kali datang ke indonesiasegenap bangsa Indonesia dan berdirinya indonesiaseluruh tumpah darah Indonesia dengan organisasi pemuda pertama di indonesiaberdasar persatuan, dengan mewujudkan keadilan bagi organisasi pemuda yang pertama kali berdiri adalahseluruh rakyat Indonesia.” Demikianlah Dr Yusril Ihza Mahendra perang indonesia melawan belandamengutip pernyataan Soepomo dalam Dinamika Tatanegara Indonesia. sejarah indonesia dalam bahasa inggrisApa yang menjadi pemikiran Soepomo saat itu, sejarah islam ke indonesiadalam menentukan cita negara Indonesia, sejarah pendidikan di indonesiasetelah Indonesia merdeka merupakan harapan yang mengedepankan kenyataan. sejarah perjuangan umat islam indonesiaCita negara tersebut bukan sekedar wacana untuk didiskusikan, tetapi diwujudkan oleh seluruh rakyat Indonesia. sejarah singkat indonesiaUntuk mewujudkannya perlu memahami kembali hakekat kemerdekaan yang sebenarnya. sejarah singkat pendidikan di indonesiaKarena kemerdekaan bangsa Indonedia bukan hadiah Jepang, sejarah tentang yesustetapi hasil kerja keras rakyat dan bahkan ribuan nyawa telah menjadi korban. biaya masuk pesantren daar el qolamUntuk memahami hakikat kemerdekaan, perlu untuk mewarisi nilai-nilai dan semangat juang angkatan 45.

Nilai-nilai itu antara lain: 1) Selalu mendukung kemerdekaan sebagai hak setiap bangsa. asal usul nama indonesia2) Semangat kekeluargaan yang berarti mencari keseimbangan yang harmonis antara individu dengan individu, golongan dengan golongan, dan lain-lain. asal mula kata indonesiaSebagai bangsa yang telah merdeka, perlu untuk meninjau ulang tentang semangat “Merdeka”, “Bersatu”, dan “Berdaulat”.

Generasi angkaran 45 amat peka terhadap gejala-gejala yang mengurangi atau mengancam pada kebebasan dan kemerdekaan. awal mula indonesiaMaka untuk generasi seterusnya (kita) perlu membina kepekaan itu, karena kelanjutannya terutama masalah-masalah ekonomi, pendidikan, budaya, masih panjang di depan.

Pada sektor ulama salaf indonesiaperekonomian misalnya tak sedikit kini sinyalemen tentang kegawatan posisi usahawan pribumi terhadap asing dan kecenderungan untuk lebih tertarik kepada apa saja yang datang dari “luar negeri”. imam masjidil haram dari indonesiaTanpa tidak melebih-lebihkan, perlu kiranya diperhatikan gejala-gejala yang seakan-akan tokoh islam indonesiamengunggulkan produk luar negeri dengan taraf internasional. Untuk meniadakan sama sekali atau minimal mengurangi ketergantungan pada dunia luar, sangat penting, sekali lagi melihat sejarah, bahwa kemerdekaan ini bukan pemberian dunia luar tetapi atas kemandirian dan perjuangan seluruh rakyat.

Karenanya, agama islam di indonesiasyarat mutlak dalam setiap kepemimpinan dapat memberikan perspektif, memberikan gambaran tujuan dan keyakinan serta sanggup untuk mencapainya. Dan hari ulang tahun kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke 72 ini, haruslah dijadikan momentum untuk mengisi kemerdekaan. Bahkan khalifah Umar bin Khattab telah memberikan teladan bahwa sejarah berdirinya nu dan tokoh pendirinyaperistiwa hijrah Nabih dari Makkah ke Madinah dijadikan pendidikan pesantren modernsebagai titik tolak permulaan kalender Islam. Yang berarti juga harus dilihat sebagai migrasi (perpindahan) dari kegelapan menuju cahaya, dari keburukan menuju kebaikan. Nabi sendiri mengatakan bahwa kaum Muslim harus melakukan migrasi dari yang buruk menuju apa yang baik. Perlu digaris bawahi bahwa begitu Nabi tiba di Madinah pertama kali yang beliau situs islam indonesialakukan adalah menulis apa yang dikenal dengan Piagam Madinah.

Dengan menengok peristiwa migrasi Nabi di atas, tepat sekali pendidikan pesantrenkhalifah Umar bin Khattab memilih Hijrah sebagai titik tolak permulaan kalender Islam. islam nusantaraMaka tidaklah salah jika peringatan proklamasi 17 Agustus 2017 ini dijadikan sebagai titik tolak hijrah dari ketertindasan menuju keadilan, dari ketertinggalan menuju kemajuan (dalam arti positif).

Dalam mengangkat semangat kemerdekaan ini, keberagaman indonesiakita perlu memberi hormat kepada para pejuang yang telah berhasil merebut kemerdekaan. dasar negara indonesiaMereka bukan saja menyabung harta benda dan pemikiran, organisasi nutetapi nyawapun mereka pertaruhkan. Semangat inilah yang harus dimiliki oleh generasi bangsa sekarang ini.

Dalam kehidupan individu, hari ulang tahun kemerdekaan RI memiliki arti sangat penting, untuk memberikan spirit dalam menguasai penjajah. Seseorang selamanya akan merasa terjajah apabila dia tidak mampu memeranginya. Annasu a’adaau ma jahilu, tantangan setiap individu pascakemerdekaan bukan lagi sekedar mempertahankan kemerdekaan. nahdatul ulamaTetapi sebenarnya jauh lebih dari itu yaitu bagaimana individu menjadi pioneer dalam percaturan global. Mampu memberikan yang terbaik pada dirinya, orang lain dan kelompok yang lebih besar. Inilah sesungguhnya perjuangan mengisi kemerdekaan.

Karena itu, dengan HUT proklamasi kemerdekaan 2017 ini, kita ambil semangat dan nilai-nilai kemerdekaan itu. Kita jadikan momentum ini sebagai lembaran baru dalam meraih cita negara demi tegaknya bangsa dan negara yang penuh kedamaian, peradaban dan keadilan. Sesuai dengan kadar kemampuan masing-masing.

Previous
« Prev Post
Add CommentHide

Back Top