Sehat Dengan Air Kelapa - Berbagai Macam Khasiat Dan Manfaat

Air kelapa bisa berfungsi sebagai obat, alat kecantikan, meningkatkan gairah seks, dan membuat suara lebih merdu.

Air kelapa mengandung mineral yang berguna untuk tubuh manusia. Di dalamnya, tak cuma anda unsur makro seperti karbon dan nitrogen, tetapi juga unsur mikro, seperti kalium (K), natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P), dan sulfur (S).

Sehat Dengan Air Kelapa

Unsur karbon dalam air kelapa berupa karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, dan inositol. Sedangkan unsur nitrogen berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alin, arginin, alanin, sistin, dan serin. Sebagai gambaran, kadar asam amino air kelapa ternya lebih tinggi ketimbang amino dalam susu sapi.

Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan trandisional sekaligus kecantikan.

Sementara daging buah kelapa muda yang masih seperti susu sangat baik dikonsumsi anak-anak yang menderita kekurangan gizi (nutritional deficiency)

Air kelapa bisa memberi khasiat kesehatan dan kecantikan. Di antara khasiat kesehatan, antara lain, pertama, penetral racun dan obat berbagai jenis penyakit. Kedua, mengobati cacingan, caranya, berikan larutan air kelapa muda yang dicampur sedikit jeruk sitrun kepada anak yang cacingan.

Ketiga, obat luka bakar. Caranya, campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan air kapur sirih. Tambahkan air kelapa, lalu oleskan pada bagian tubuh yang terluka bakar atau terkena minyak dan air panas. Rasa panas akibat terbakar pun akan segera hilang dan tidak meninggalkan bekas melepuh.

Keempat, mengobati disentri. Gejala penderita disentri antara lain, kaki pegal, demam tinggi, tinja berlendir dan bercampur darah, sering buang air, dan urine berwarna keruh (gelap). Agar urine kembali jernih dan disentri cepat sembuh, coba minum air kelapa hijau secara teratur pagi dan sore. Bila warna urine kembali normal, hentikan meminum air kelapa muda.

Kelima, gatal-gatal akibat eksim. Caranya, rendam satu genggam beras dalam air kelapa muda yang masih berada dalam tempurung selama 6 sampai 7 jam. Jika sudah terasa asam, angkat lalu giling beras asam rendaman tadi hingga menjadi bubur halus. Oleskan bubur beras tadi pada bagian tubuh yang terasa gatal, ruam, luka, eksim, atau telapak kaki pecah-pecah. Lakukan setiap hari secara teratur selama 3 sampai 4 hari. Kulit pun akan sehat dan bebas dari gatal.

Keenam, menyembuhkan demam berdarah. Minumlah larutan campuran air kelapa muda hijau dengan air perasan jeruk nipis secara teratur sehari tiga kali. Tambahkan sedikit garam dan madu bila ada.

Sedangkan di antara manfaat untuk kecantikan, antara lain, menghilangkan jerawat. Caranya, tuang segelas air kelapa ke dalam wadah berisi parutan 3 ruas kunyit. Biarkan semalaman dalam lemari es. Setelah itu, bubuhkan tiga sendok the bubuk cendana ke dalamnya. Simpan lagi selama tiga hari, kemudian saring ramuan tersebut dengan kainn kasa. Olekan sari larutan tersebut pada wajah yang berjerawat dua kali sehari sampai jerawat lenyap.

Kedua, mencegah kerutan wajah dini. Caranya, basuhlah wajah dengan air kelapa sesering Anda suka. Niscaya wajah anda akan kencang.

Ketiga, mencegah ubanan. Caranya, larutkan satu sendok teh garam dapur ke dalam air kelapa hijau segar. Gunakan setelah keramas. Setelah itu, biarkan selama beberapa menit di kepala sambil dipijat-pijat. Belas dengan air bersih.

Selain itu, air kelapa bisa meningkatkan gairah seksual. Caranya, campurkan air kelapa muda dengan sedikit madu alam, lalu minum. Ramuan ini berkhasiat merangsang pusat-pusat seksual tubuh. Anda juga bisa memperoleh suara merdu dengan minum segelas air kelapa muda yang telah diembunkan selama semalam selama seminggu.

Previous
« Prev Post
Add CommentHide

Back Top