Manfaat Kunyit - Dari Kanker Sampai Cacar Air

Banyak manfaat kunyit, dari pencegahan luekemia, melawan penyebaran kanker payudara, prostat, dan usus besar, hingga mengobati gatal akibat cacar air.

Kunyit mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Hasil penelitian para ahli dari Universitas Loyola, Chicago, menyimpulkan bahwa bumbu dapur ini dapat mencegah luekemia. Atas alasan ini pula, maka wajar jika kasus luekemia pada anak-anak Asia relatif lebih rendah dibanding anak-anak di Eropa. Di Inggris, misalnya, setiap tahun sedikitnya 450 sampai 500 anak mengidap luekemia.

Manfaat Kunyit - Dari Kanker Sampai Cacar Air

Manfaat ini diperoleh karena adanya curcumin atau zat warna kuning pada kunyit. Zat inilah, menurut Prof Moolky Nagabhusan, peneliti dari Pusat Kesehatan Universitas Loyola, mampu mencegah berkembangnya sel-sel leukemia pada tubuh manusia.

Selain itu, kata Nagabhusan lagi, hasil uji laboratium menunjukkan bahwa kunyit dapat mencegah dampak buruk dari asap rokok. Dan, zat antioksidan berwarna kuning pekat pada kunyit bisa melawan penyebaran kanker. Sebuah studi yang diterbitkan majalah kesehatan di Texas beberapa waktu lalu mengupas manfaat kunyit untuk menghambat penyebaran kanker payudara menuju paru-paru, serta kanker prostat dan kanker usus besar.

Studi lain melaporkan bahwa jika seseorang ingin melakukan diet hendaknya mengkonsumsi kunyit.

Tingkat Keamanan Kunyit

Menurut I Ketut Adnyana, M.Si.Ph.D, staf pengajar Departemen Farmasi FMIPA ITB, kunyit aman digunakan dalam dosis terapi. Hasil penelitian menunjukkan rimpang kunyit yang diberikan secara oral kepada tikus tidak memberikan efek teratogonik (dampak pada embrio/janin). Namun keamanan ekstrak kunyit selama kehamilan belum terbukti. Penggunaan selama kehamilan, kata Adnyana, harus di bawah pengawasan medis.

Dari uji toksisitas (dampak racun) yang dilakukan selama 90 hari untuk konsumsi kunyit diperoleh hasil bahwa efek toksik terjadi pada 50 kali dosis yang biasa digunakan manusia setiap harinya.

Resep Obat Dengan Kunyit

Demam
Rimpang segar 20 gr dicuci lalu diparut. Tambahkan ½ gelas air matang lalu diaduk merata, peras dengan sepotong kain. Air perasannya diminum. Lakukan 2 kali sehari.

Disperia (perut kembung, nyeri, mual, tak nafsu makan)
Rimpang segar 20 gr dibersihkan lalu diparut. Tambahkan 3 sendok air, aduk merata lalu diperas dan disaring. Dibagi 3 kali minum.

Terlambat Haid
Rimpang kunyit dan daun siganding masing-masing 15 g. biji pala dan kapulaga 10 g, ketumbar, jinten hitam dan cengkeh masing-masing 5 g. dipotong-potong seperlunya lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dibagi 3 kali minum.

Eksim
Rimpang yang tua sebesar ibu jari diparut. Tambahkan satu sendok the air kapur sirih dan perasan 1 buah jeruk nipis, aduk sampai merata, oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Diare
Rimpang yang segar ½ jari tangan diiris tipis-tipis lalu direbus dengan 1 gelas air bersih sampai tersisa 1/3 gelas. Tambahkan 1 sendok the air kapur sirih, aduk sampai merata. Setelah dingin disaring, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari sampai sembuh.

Keputihan
Kunyit sebesar ibu jari yang cukup tua dikupas dan diparut. Tambahkan ¾ cangkir larutan air asam dan gula jawa, aduk merata. Peras dengan sepotong kain. Minum. Lakukan setiap hari.

Radang Rahim, Usus Buntuk, Hepatitis, Dan Sakit Kuning
Rimpang ½ jari, cuci, parut. Tambahkan 2 sendok makan air dan 1 sendok makan madu. Peras, saring, minum 3 kali sehari.

Gatal Akibat Cacar Air
Ambil segenggam daun asam dan sepotong empu kunyit. Setelah dicuci bersih, digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan ke bagian badan yang gatal.

Radang Gusi
Tiga potong gambir dan ½ jari empu kunyit dicuci lalu diiris tipis-tipis. Rebus dengan 2 gelas air bersih, sampai tersisa satu gelas. Pakai untuk kumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

Radang Amandel
Empu kunyit ½ jari dicuci, diparut, tambahkan 2 sendok makan air minum. Aduk sampai merata, lalu diperas. Air perasaanya ditambah 1 butir kuning telor ayam dan sedikit air kapur sirih. Adonan dikocok merata lau diminum. Lakukan 1-2 kali sehari.

Previous
« Prev Post
Add CommentHide

Back Top