Jenis - Jenis Sapi Impor Untuk Bakalan Penggemukan

Ada beberapa jenis sapi impor yang khusus dipelihara sebagai penghasil daging dan dapat dijadikan sebagai bakalan untuk usaha penggemukan. Beberapa di antaranya yang penting diutarakan adalah sebagai berikut:

Sapi Hereford

Sapi Hereford berasal dari Inggris dan mulai dikembangkan sebagai penghasil daging di Amerika Serikat sejak tahun 1840. Selain tersebar luas di Amerika Serikat, sapi jenis ini juga terdapat di Amerika Latin, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan.

Sapi Hereford

Sapi Hereford mudah dikenali. Warnanya merah dan mukanya putih. Warna putih juga terdapat pada dada, sisi badan, perut bawah, keempat kaki dari atas batas lutut, bahu, dan ekor. Postur tubuhnya rendah, tetapi tegap. Urat dagingnya padat. Bobot badan jantan dewasa sekitar 850 kg, sedangkan betina dewasa sekitar 650 kg. kualitas dagingnya baik, daya adaptasinya terhadap lingkungan juga baik. Sapi ini sesuai untuk penggemukan dengan system pastur atau padang penggembalaan karena cara merumputnya baik.

Sapi Shorthorn

Sapi shorthorn berasal dari Inggris dan mulai dikembangkan di Amerika Serika pada tahun 1783 di daerah Virginia. Bentuk tubuhnya besar, bujur sangkar, dan kompak. Warna bulu bervariasi dari merah ke putih dan kombinasi dari warna merah dan putih atau kelabu. Sapi shorthorn sangat di sukai para peternak Amerika Serikat untuk disilangkan dengan jenis sapi lainnya ataupun sebagai bakalan untuk usaha penggemukan. Bobot badan jantan dewasa dapat mencapai sekitar 1.000 kg, sedangkan betina dewasa sekitar 770 kg.

Sapi Shorthorn

Sapi Aberdeen Angus

Sapi Aberdeen angus merupakan salah satu jenis sapid aging yang terkenal di Amerika Serikat. Sapi ini berasal dari daerah yang beriklim dingin dan lembap di daerah Skotlandia. Sapi jenis ini mulai dimasukkan ke Amerika Serikat pada tahun 1873. Bentuk tubuhnya rata, lebar, kompak, dan mempunyai urat daging yang baik. Warna tubuhnya hitam seluruhnya, tetapi kadang kala terdapat warna putih pada bagian bawah di belakang pusat.

Sapi Aberdeen Angus

Sapi Charolais

Sapi charolais adalah sapi Perancis dan merupakan salah satu jenis sapi daging yang terkenal di Perancis. Sapi ini didatangkan ke Amerika Serikat terutama di daerah-daerah Texas, Lousiana, dan Florida. Sapi ini terutama digunakan untuk disilangkan dengan jenis sapi lainnya dan terutama dengan Brahman. Warna tubuhnya krem muda atau keputih-putihan. Postur tubuhnya besar dan padat, tetapi kasar. Bobot badan jantan dewasa dapat mencapai 1000 kg, sedangkan betina dewasa sekitar 750 kg.

Sapi Charolais

Sapi Brahman

Sapi brahman berasal dari India dan termasuk dalam golongan sapi zebu. Sapi ini mulai dibawa ke Amerika Serikat pada tahun 1854 dan dikembangkan di daerah-daerah Lousiana. Kemudian bukan saja berkembang pada daerah-daerah tertentu di Amerika Serikat, tetapi juga di daerah-daerah tropis maupun subtropics termasuk Australia.

Sapi brahman ditandai dengan ponok yang besar pada jantan, tetapi kecil pada betina. Ukuran tubuhnya besar, panjang dengan kedalaman tubuh yang sedang. Warna tubuh sapi brahman pada umunya gelap keabu-abuan. Namun, ada pula yang kemerah-merahan atau hitam. Warna pada jantan lebih gelap daripada betina. Gelambir lebar dan tumbuh di bawah perut.

Sapi brahman mampu berkembang baik dengan pakan yang berkualitas dan tahan terhadap panas dan gigitan caplak. Dalam keadaan biasa, sapi brahman jantan mempunyai bobot badan sekitar 800 kg dan betina dewasa sekita 550 kg.

Sapi Brahman

Di Amerika Serikat maupun di Australia, sapi brahman disilangkan dengan jenis sapi lainnya dan menghasilkan sapi brahman cross. Beberapa peternak di Pulau Jawa sudah menggunakan sapi brahman cross sebagai bakalan untuk usaha penggemukan yang diimpor dari Australia. Penggemukan yang telah dilakukan di daerah Wonogiri (Jawa Tengah) mendapatkan pertambahan bobot badan berkisar antara 0.83-1.5 kg/hari dengan bobot badan awal berkisar antara 240-300 kg.

Previous
« Prev Post
Add CommentHide

Back Top