Berpuasa di Negeri Orang Pintar

Sebagai orang bodoh, hampir setiap menjelang Ramadhan, saya selalu ditikam rasa kebingungan. Di Negeri ini setiap menjelang Ramadhan, biasanya orang pintar hisab dan orang pintar rukyat mulai terkesan saling ribut. Mereka bertekak, bersitegang dan bersikeras dengan pendapatnya masing-masing dalam penentuan jatuhnya 1 Ramadhan atau 1 syawal.

Berpuasa di Negeri Orang Pintar

Entah mana yang benar. Saya tidak peduli. Bisa berpuasa saja bagi saya sudah syukur. Soalnya, saya malu kepada Allah yang masih mau menghadiahi saya kesempatan bertemu Ramadhan. Padahal, setiap detik saya cuma bisa terus-menerus berbuat dosa.

Sebagai orang bodoh, saya mau bertanya. Mengapa penentuan jatuhnya bulan baru cuma dirukyat atau dihisab pas mau masuk Ramadhan atau Syawal saja? Kalau dipikir-pikir, harusnya awal-akhir bulan-bulan lain juga mesti dirukyat dan dihisab? Setiap bulan seharusnya ada petugas yang mengamati (merukyat dan menghisab) pergerakan bulan. Sehingga, pas mau masuk bulan baru setiap bulannya, pemerintah dan ormas yang pakai hisab dan rukyat harus mengumumkan hasil isbat juga. Misalnya, kalu masuk bulan Shafar, berdasarkan hasil hisab dan rukyat besaok akan masuk bulan Shafar. Begitu seterusnya setiap akan masuk bulan baru.

Selama ini, tradisi itu yang tidak tampak. Ribut-ribut Hisab-Rukyak biasanya cuma di awal-akhir Ramadhan saja. Padahal, Ramadhan itu kelanjutan dari Sya’ban. Sya’ban itu kelanjutan dari Rajab. Rajab itu kelanjutan dari Jumadil Akhir. Jumadil Akhir itu kelanjutan dari Jumadil Ula. Jumadil Ula itu kelanjutan dari Rabi’ul Akhir. Rabi’ul Akhir itu kelanjutan dari Rabi’ul Awal. Rabi’ul Awal itu kelanjutan dari Shafar. Shafar itu kelanjutan dari Muharram. Muharram itu kelanjutan dari Dzulhijjah. Dzulhijjah itu kelanjutan dari Dzulqo’dah. Dzulqo’dah itu kelanjutan dari Syawal. Begitu seterusnya.

Jadi, apa mungkin kita meributkan kedatangan awal bulan Ramadhan saja, namum kita sama-sama tidak menggubris kapan tepatnya Rabi’ul Awal datang? Anak ayam itu awalnya telur. Baru setelah menetas, dia jadi kuthuk. Selama ini, kita langsung menganalisis kuthuk, tanpa melihat fase saat kuthuk itu masih berupa telur. Ini namanya keterputusan sejarah!

bulan ramadhan 2017,doa puasa sunah,fadhilah puasa senin kamis,hikmah puasa bulan ramadhan,manfaat puasa sunah,niat puasa ramadhan,niat puasa senin,rukun puasa,tata cara puasa sunnah senin kamis,yang membatalkan puasa,
Previous
« Prev Post
Add CommentHide

Back Top